“EVALUASI INOVASI DI KABUPATEN MUSI RAWAS”

Selasa, 15 November 2022 bertempat di ruang Bina Praja Kabupaten Musi Rawas dilaksanakan Rapat Evaluasi Inovasi Kabupaten Musi Rawas, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Kabupaten Musi Rawas Bapak Ir. H. AIDIL RUSMAN. MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa terjadi kemerosotan Organisasi Perangkat Daerah dalam menghasilkan Inovasi hal ini berimbas  keikutsertaan dalam Innovative Government Award (IGA) untuk Tahun 2021 dan Tahun 2022 ini Kabupaten Musi Rawas tidak masuk lagi dalam  10 besar padahal sebelumnya 3 tahun berturut turut Kabupaten Musi Rawas selalu meraih penghargaan. Tujuan utama inovasi itu bukan untuk meraih penghargaan saja, tetapi inovasi itu sangat diperlukan karena melalui inovasi pekerjaan dan pelayanan kita terhadap masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien,

Bapak   Ir. H. AIDIL RUSMAN. MM juga menyampaikan untuk mendorong dan mengharuskan OPD untuk menghasilkan inovasi maka Organisasi Perangkat Daerah yang tidak melakukan inovasi dan tidak melaporkan inovasi tersebut akan ditunda pemberian TPP OPD tersebut.  Selanjutnya Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas sebagai landing sector akan memberikan pendampingan dan dukungan terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah.

Bapak Dr. Ir. Nanti Kasih, MT selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas menyampaikan bahwa sejak awal tahun Balitbang sudah melaksanakan sosialisasi, rapat-rapat terkait inovasi, melaksanakan asistensi terhadap OPD untuk meningkatkan pemahaman OPD terkait Inovasi. Dan dimasa Covid-19 seharusnya malah mendorong kita untuk berinovasi contohnya cara murid belajar, cara guru mengajar, cara tenaga Kesehatan memberikan pelayanan dan cara penarikan pajak dengan menyesuaikan kondisi Covid-19 merupakan sumber inovasi. Inovasi sebaiknya merupakan kolaborasi antar OPD sehingga menimbulkan multi effect.

Rapat berlangsung dengan kondusif dan terjadi diskusi interaktif bersama Organisasi Perangkat Daerah.  Harapannya melalui inovasi ini maka akan meningkatkan kinerja dan pelayanan Organisasi Perangkat Daerah untuk mewujudkan Musi Rawas MANTAP (Maju, Mandiri dan Bermatabat).